Interview with Orizuka

Thursday, May 30, 2013


Bagi para pecinta novel Indonesia, siapa yang tidak kenal dengan Orizuka. Kak Orizuka adalah salah satu pengarang Indonesia yang telah menghasilkan banyak buku yang menjadi best seller, seperti Summer Breeze, Our Story, Infinitely Yours, dan sebagainya. Menurut saya, Kak Orizuka adalah pengarang kesukaan saya dari Indonesia. Dan bagi saya, karya Kak Orizuka tidak kalah dengan karya-karya pengarang internasional lain seperti Meg Cabot, James Patterson, Nicholas Sparks. Nah, bagi para penggemar karya-karya Kak Orizuka, saya telah melakukan sedikit interview dengan beliau :

T : Sejak kapan kakak mulai menulis?
 J : Novel? Sejak SMA.
T : Apakah sejak awal Kakak memang bercita-cita menjadi penulis?
J  : Tidak. Cita-cita awal saya jadi astronot :)
T : Apa yang menginspirasi Kakak untuk menjadi penulis?
J  :Buku-buku yang saya baca, terutama buku-buku karangan Meg Cabot.
T : Bagaimana tanggapan keluarga Kakak mengenai perkerjaan Kakak sebagai penulis?
J  : Keluarga sangat suportif.
T : Bila Kakak dapat melakukannya, adakah hal yang ingin kakak rubah dalam karya-karya Kakak?
J  : Mungkin cara saya menulis, saya masih suka melakukan pemborosan dan pengulangan kata. Beberapa sudah berhasil saya rubah di edisi yang dicetak atau diterbitkan ulang. Pada buku-buku selanjutnya, saya akan terus belajar untuk membenahi diri dan memperkaya diri dengan kosakata baru.
T : Apa yang melatar belakangi karya-karya Kakak? Apakah karya-karya Kakak didasari oleh pengalaman sendiri?
J  : Kebanyakan ide datang dari apa yang saya baca, saya dengar, saya tonton, saya khayalkan... Jarang sekali yang didasari pengalaman pribadi. Kalaupun ada, hanya hal-hal kecil saja.
T : Apa pesan yang ingin disampaikan oleh Kakak dalam karya-karya Kakak?
J  : Tergantung, berbeda-beda di tiap karyanya. Tapi kebanyakan pesan tentang keluarga atau persahabatan.
T : Dari sekian banyak karya Kakak, manakah yang paling Kakak sukai?
J  : Saat penulisan, saya suka sekali menulis Call Me Miss J. Tapi secara konten, saya suka Our Story.
T : Apakah Kakak sedang menulis atau akan menerbitkan buku baru akhir-akhir ini?
J  : Ada buku baru yang akan terbit, tapi masih dalam proses.
T : Bisakah Kakak berbagi sedikit mengenai karya Kakak selanjutnya?
J  : Karena masih dalam proses, saya belum bisa cerita banyak. Tapi satu hal yang pasti, karya ini merupakan seri baru :)
T : Siapa idola Kakak? Dalam mengarang?
J  : Dalam mengarang?Meg Cabot dan Rick Riordan.
T : Apakah Kakak memiliki pengarang favorit?
J  : Saat ini, saya sedang sangat gandrung dengan karya-karya Rick Riordan.
T : Adakah buku yang sangat berkesan bagi Kakak?
J  : Mungkin seri The Princess Diaries, karena gara-gara buku itulah, saya akhirnya semakin yakin untuk membuat bukuku sendiri :)
T : Bagaimana tanggapan Kakak mengenai penulis-penulis muda saat ini?
J  : Saat ini minat membaca dan menulis sedang tinggi, jadi saya sangat mengapresiasi karya-karya penulis muda. Walaupun demikian, muda ataupun tidak, kita harus terus belajar untuk menulis secara lebih baik lagi.
T : Adakah saran yang dapat Kakak berikan dalam menulis ? 
J  : Terus perkaya diri sendiri dengan banyak membaca, karena dengan membaca kita bisa belajar banyak hal. Jangan mudah menyerah, nikmati setiap proses dengan banyak menulis. Jangan cepat puas, gali terus potensi-potensi yang ada, perdalam riset.
T : Apa yang paling Kakak sukai dari menulis?
J  : Menulis membebaskan :)
T : Dalam menulis, menurut Kakak, hal apa yang paling menantang ?
J  : Mencari ide-ide baru, atau membuat ide klise menjadi menarik.
T : Apa yang Kakak harapkan dari para pembaca?
J  : Saya harap pembaca bisa menikmati karya-karya saya dan memberikan kritik yang membangun supaya saya bisa terus memperbaiki diri :)

Begitulah interview saya bersama Kak Orizuka. Apakah ini sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian mengenai Kak Orizuka?

Dan untuk Kak Orizuka, saya mengucapkan terima kasih karena sudah berbaik hati untuk melakukan interview bersama saya :)

For English Version click here

0 comments:

Post a Comment

Please give me your thought about my posts. Include your blog links if you want me to comment back :)